FAQ

Sistem qurban di Zakat Sukses adalah pequrban membeli hewan qurban yang akan kami sembelih sesuai dengan syariat dan kami bagikan langsung di lokasi penyaluran, adapun penyalurannya tersebar di wilayah Depok dan sekitarnya dan pelosok NTT, Setelah pelaksanaan, pequrban akan dikirimkan notifikasi serta laporan dan dokumentasi implementasi melalui email/whatsapp sebagai bukti qurban telah dilaksanakan.

Tidak bisa. Qurban sepenuhnya disembelih dan disalurkan langsung di tempat penyaluran. Pequrban menerima bukti qurban dalam bentuk laporan dan dokumentasi qurban, bukan berupa hewan qurban yang masih dalam keadaan hidup.

Zakat Sukses memfasilitasi beberapa metode pembelian hewan qurban:

  • Melalui website https://qurban.zakatsukses.org
  • Melalui transfer langsung ke rekening atas nama Yayasan Zakat Sukses. Konfirmasi melalui WA 0822-1162-7700 wajib dilakukan setelahnya dengan melampirkan bukti transfer dan data diri pequrban untuk kebutuhan pengiriman laporan.
  • Melalui layanan jemput qurban oleh petugas Zakat Sukses. Konsultan Qurban Zakat Sukses akan melayani Anda dalam transaksi qurban. Layanan Jemput qurban bisa melalui nomor berikut WA 0822-1162-7700 wajib

Qurban disalurkan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan (dhuafa) di 11 kecamatan di kota Depok dan sekitarnya dan wilayah pelosok NTT yang meliputi Kabupaten Alor, Desa Baranusa, Desa Pameti Karata, Kec. Lewa, Kab. Sumba Timur. Lokasi dapat berubah sesuai kondisi, namun tetap di wilayah pelosok Nusa Tenggara Timur.

    Harga Hewan Qurban Sukses (pemotongan dan distribusi di Depok dan sekitarnya)

    • Kambing : Rp3.500.000 (≥30kg)
    • Sapi : Rp20.000.000 (≥260kg)
    • Sapi Patungan (1/7) : Rp3.500.000 (≥260kg)

    Harga Hewan Qurban Pelosok Nusantara (pemotongan dan distribusi di Pedalaman NTT)

    • Kambing : Rp2.150.000 (≥27-30kg)
    • Sapi : Rp15.000.000 (≥225kg)
    • Sapi Patungan (1/7) : Rp2.150.000 (≥225kg)

Hewan qurban yang disembelih dipastikan layak konsumsi dan memenuhi syariat Islam, yaitu telah cukup umur, sehat dan gemuk, tidak cacat, dan didapatkan secara sah baik melalui Lumbung Ternak maupun bermitra dengan peternakan yang telah terjamin kualitas dan kesesuaian dengan syariatnya.

Tim penyembelihan qurban di Zakat Sukses merupakan orang-orang yang telah mafhum mengenai tata cara penyembelihan qurban sesuai syariat Islam, seperti menyembelih dengan pisau yang dipastikan tajam, menempatkan hewan sedemikian rupa sesuai posisi yang disyariatkan, membaca basmalah dan takbir, serta melakukan penyembelihan pada waktu yang telah ditetapkan yaitu 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Untuk qurban yang dilakukan di pelosok nusantara, daging hewan qurban seluruhnya disalurkan kepada para penerima manfaat. Insya Allah qurban Anda akan bermanfaat maksimal karena disalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Untuk qurban yang dilakukan di Depok, pequrban akan mendapatkan bagiannya dan dikirimkan ke alamat pequrban atau pequrban dapat mengambilnya langsung dikantor LAZ Zakat Sukses, Jl. KH. M. Yusuf Raya No. 95, Depok.

Notifikasi insya Allah akan segera diterima oleh pequrban setelah qurban ditunaikan, sehingga memudahkan pequrban yang hendak melakukan pemotongan kuku atau rambut. Laporan berbentuk dokumen yang dilengkapi foto-foto qurban juga akan diterima pequrban selambat-lambatnya 3 pekan setelah hari tasyrik ketiga dalam bentuk softcopy ke e-mail/WA pequrban.

Pequrban tidak bisa memilih lokasi penyaluran qurbannya sendiri secara spesifik

Insya Allah bisa, dengan besaran cicilan per bulan yang ditentukan oleh Zakat Sukses, dan harus sudah lunas sebelum Hari Raya Idul Adha. Jika tidak, qurban akan disembelih pada tahun berikutnya setelah pelunasan.

Untuk qurban yang dilakukan di pelosok nusantara, Zakat Sukses belum bisa memfasilitasi hal tersebut karena wilayah distribusi qurban yang sulit dijangkau. Untuk qurban yang dilakukan di Depok, Zakat Sukses akan memfasilitasi baik offline atau online (via zoom/live IG/Facebook/YouTube).

Qurban tetap sah meskipun belum melakukan aqiqah. Qurban adalah ibadah sunnah yang istimewa karena hanya bisa dilakukan 4 hari dalam satu tahun (10, 11, 12, 13 Dzulhijjah), sedangkan aqiqah adalah ibadah sunnah yang dapat dilakukan kapanpun (tidak harus di bulan Dzulhijjah). Aqiqah pun merupakan tanggung jawab dari orang tua, meskipun anak juga diperbolehkan mengaqiqah diri sendiri untuk meringankan tanggung jawab orang tua.

Boleh. Harap dibedakan antara amal dan pahala. Qurban adalah amal individual, jadi kita niatkan qurban adalah atas nama orang tua yang sudah meninggal, dan pahalanya bisa kita niatkan untuk kita sekeluarga.

Bagian hewan qurban yang telah kita dapatkan tidak boleh dijual, namun boleh diberikan kepada orang lain sebagai hadiah.

Apabila seseorang membeli hewan qurban, kemudian hewan tersebut disedekahkan kepada orang lain sehingga disembelih menggunakan atas nama orang tersebut, hal tersebut diperbolehkan.

Amalan qurban satu kambing hanya untuk satu orang saja. Pahalanya dapat diniatkan untuk sekeluarga.

Qurban tidak spesifik dikhususkan hanya untuk kaum fakir miskin saja, tetapi untuk muslim seluruhnya. Namun jika qurban dirasa berlebih, selayaknya disebar ke wilayah lain yang tidak pernah merasakan keberkahan daging qurban.